Sunday, December 2, 2012

Cookery



Cookery atau pengolahan makanan adalah proses membuat makanan itu siap untuk dihidangkan. Memasak termasuk dalam cookery. Tidak semua makanan dimasak.Jadi cookery memiliki pengertian yang lebih luas daripada memasak.Cookery mengandung arti proses yg mengubah bahan makanan agar layak untuk dimakan atau ready to eat.


Untuk bahan membuat makanan layak untuk dimakan, banyak proses yang dapat dilakukan:

1. Washing (dicuci)


Bahan makanan seperti sayuran, sebelum dimakan ataupun dikupas harus dicuci terlebih dahulu. Tujuan pencucian ini tidak lain untuk membebaskan makanan dari bibit penyakit atau kotoran dari alam tempat bahan tersebut tumbuh. Meskipun bahan makanan itu akan dikupas, bahan makanan tersebut tetap harus dicuci guna mencegah kontaminasi bagian bersih dengan bagian luar yang kotor.
 
2. Peeling (dikupas)


Beberapa jenis bahan makanan setelah dicuci perlu dikupas. Bagian ya ng akan dikupas biasanya adalah kulit bagian luar bahan makanan tersebut. Kulit bagian luar ini bisa jadi tidak berguna, ataupun sangat berguna untuk membuat makanan jenis lain. Biasanya kulit udang, sapi ,ataupun jeruk dapat diolah sebagai bahan makanan lain bahkan dapat digunakan sebagai garnish atau hiasan.
Proses peeling ini biasanya didahului atau diikuti dengan proses trimming. Trimming adalah pembuangan bagian-bagian yang tidak diperlukan pada suatu proses.Misalnya bagian ujung wortel.
Setelah dikupas, beberapa makanan dapat langsung dikonsumsi dan ada juga yang harus melalui proses selanjutnya sebelum layak untuk dikonsumsi.

3. Cutting (dipotong)


Bahan makanan seperti sayuran, buahan, ikan, daging dan lainnya pada umumnya memerlukan proses pemotongan menadi bagian-bagian yang lebih kecil ebelum dimasak ataupun dikonsumsi.
Pemotongan sayur dan daging dalam makanan Eropa memiliki nama tersendiri seusai dengan bentuk dan tekhnik pemotongan.

4. Cooking (dimasak)


Dalam proses ini panas atau api baulah diterapkan. Setelah dimasak, makanan tersebut dapat dihidangkan hangat ,atau didinginkan terlebih dahulu dan akan dihidangkan dingin.
setelah dimasak biasanya makanan ditata atau presenting.

 Tujuan memasak itu sendiri adalah membuat makanan mudah dicerna diperut, makanan aman untuk dikonsumsi, meningkatkan rasa makanan itu, serta mengubah rasa dan rupa makan tersebut.


Jadi cooking adalah proses dimana panas diterapkan kepada bahan makanan. sedangkan proses cookery merupakan proses selengkapnya untuk membuat bahan makanan tersebut menjadi layak untuk dikonsumsi dan dihidangkan.


Keep reading, studying, practicing, and sharing ...
Follow me : @AngeloRahman

XOXO

Richard Angelo Rahman

No comments:

Post a Comment